Rabu, 07 Agustus 2024

Fakta-Fakta Menarik dan Unik tentang Katolik

 


Fakta-Fakta Menarik dan Unik tentang Katolik

Apakah Anda tahu bahwa Filet-O-Fish sangat populer di kalangan Katolik selama Prapaskah? Ini karena seorang pengusaha Katolik dari Ohio menciptakannya pada tahun 1962 setelah penjualan hamburger menurun setiap Jumat di lingkungan Katoliknya. Terima kasih, dunia!

Meskipun kebanyakan orang berpikir bahwa Paus tinggal di Vatikan dan bernama Fransiskus, ada beberapa orang yang mengaku sebagai Paus sejati, termasuk Joseph Audermont dari Gereja Katolik Palmyraean yang skismatik, dua pria dari Legion of Mary Afrika, dan David Bawden dari Kansas yang dikenal sebagai Michael I.

Mayoritas Paus berasal dari Italia. Dari 57 yang bukan orang Italia, 19 berasal dari Prancis, 14 dari Yunani, 8 dari Suriah, 6 dari Jerman, 3 dari Afrika Romawi, 2 dari Spanyol, dan 1 masing-masing dari Austria, Palestina, Inggris, Belanda, Polandia, dan Argentina.

Di Amerika Serikat, Gereja memiliki layanan untuk pekerja sirkus dan karnaval, di mana sekitar 40% pekerja keliling dalam industri itu adalah Katolik.

Paus Pius XI menulis surat rahasia menentang rezim Nazi yang dibacakan serentak di seluruh Jerman pada Minggu Palma, 1937.

Dalam sejarah, nama Yesus sering ditulis dengan huruf IHS, yang merupakan tiga huruf pertama dari nama-Nya dalam bahasa Yunani. Sedangkan pelican, phoenix, dan unicorn telah lama menjadi simbol Kristus. Pelican dipercaya memecah dadanya untuk memberi makan anak-anaknya, phoenix bangkit dari abu, dan unicorn dikenal sebagai simbol kesucian.

Hari April Mop berawal dari reformasi kalender gereja, mengubah awal tahun baru dari 1 April ke 1 Januari pada tahun 1563. Orang yang terlambat mendapat berita terlihat konyol merayakan tahun baru empat bulan terlambat.

Di abad ke-16, Pedro Ponce de Leon, seorang biarawan Benediktin Spanyol, mengembangkan bahasa isyarat pertama untuk berkomunikasi dalam keheningan. Bahasa isyarat ini menjadi dasar bagi komunikasi bagi orang-orang tuli.

Tahukah Anda, pretzel diciptakan oleh biarawan Jerman sebagai makanan selama Prapaskah ketika mereka tidak bisa makan telur, mentega, atau lemak. Bentuknya yang khas melambangkan Tritunggal Mahakudus.

Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Eksorsisme

 


Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Eksorsisme

Pernahkah Anda menonton film horor di mana seseorang kerasukan setan dan satu-satunya jalan keluar adalah memanggil imam Katolik untuk melakukan eksorsisme? Meskipun sering kali dilebih-lebihkan di film, hal ini mengandung kebenaran. Memang ada kejahatan di dunia, dan imam memiliki kekuatan untuk mengusir setan.

Apa Itu Eksorsisme?

Eksorsisme bukanlah hal baru. Sejak zaman Yesus, orang-orang telah mencari perlindungan dari roh jahat. Dalam Injil, Yesus sering mengusir setan dan memberikan otoritas ini kepada para murid-Nya. Ini adalah praktek yang berlanjut hingga hari ini dalam Gereja Katolik.

Ada dua jenis eksorsisme: ekstorsisme minor dan ekstorsisme mayor. Ekstorsisme minor sering dilakukan dalam konteks persiapan pembaptisan untuk melindungi dari pengaruh jahat dan dosa. Doa ini bersifat umum dan dapat dilakukan oleh siapa saja sebagai bentuk perlindungan dari kejahatan sehari-hari.

Sebaliknya, ekstorsisme mayor adalah yang sering kita lihat di film horor. Ini adalah doa yang serius, dilakukan hanya oleh imam yang telah dilatih secara khusus, dan hanya ketika kerasukan setan yang sebenarnya telah dipastikan. Prosesnya panjang, sering memakan waktu berbulan-bulan hingga setahun untuk memastikan tidak ada penjelasan medis atau psikologis yang lebih tepat.

Bagaimana Eksorsisme Dilakukan?

Ritus eksorsisme mayor adalah doa panjang yang melibatkan bacaan Kitab Suci, Litani Para Kudus, dan doa khusus untuk mengusir setan. Imam mengenakan jubah khusus dan menggunakan air suci dalam prosesnya. Sepanjang doa, imam memohon bantuan Tuhan dan para kudus untuk mengusir roh jahat dan memulihkan damai bagi orang yang kerasukan.

Mengapa Penting untuk Mengerti Eksorsisme?

Eksorsisme adalah bagian dari iman kita yang menunjukkan bahwa kejahatan tidak memiliki kuasa atas kita kecuali jika kita memberikannya. Yesus adalah Raja Semesta Alam, dan Gereja-Nya memiliki otoritas untuk melindungi kita dari kejahatan.

Fokuslah pada Tuhan, jalani hidup sesuai kehendak-Nya, dan tidak ada yang bisa memisahkan kita dari kasih-Nya. Jangan biarkan ketakutan akan kejahatan menguasai hidup kita. Percayalah bahwa Tuhan dan Gereja-Nya akan selalu melindungi kita.

Apakah Masturbasi Merupakan Dosa Berat?

 


Apakah Masturbasi Merupakan Dosa Berat?

Salah satu dosa yang paling sering diakui dalam sakramen tobat adalah menonton pornografi dan masturbasi. Banyak orang berjuang dengan ini. Beberapa orang menganggapnya hanya kebiasaan buruk, sementara yang lain melihatnya sebagai dosa yang sangat berat yang membuat mereka terpisah dari Gereja. Jadi, siapa yang benar? Dalam teologi moral Katolik, jawabannya bisa beragam.

Pandangan Gereja Katolik

Gereja Katolik tetap teguh dalam pandangannya bahwa masturbasi adalah tindakan yang egois dan tidak teratur. Menurut ajaran Gereja, masturbasi adalah tindakan yang secara intrinsik dan serius tidak teratur. Ini berarti tindakan tersebut menyimpang dari tujuan aslinya, yaitu prokreasi dan persatuan dalam pernikahan.

Apakah Masturbasi Selalu Menjadi Dosa Berat?

Meskipun Gereja menganggap masturbasi sebagai dosa yang serius, itu tidak selalu berarti bahwa setiap orang yang melakukannya melakukan dosa berat. Untuk dikategorikan sebagai dosa berat, ada tiga syarat yang harus dipenuhi: tindakan tersebut berkaitan dengan hal yang serius, dilakukan dengan pengetahuan penuh, dan hasil dari persetujuan kehendak sepenuhnya.

1. Materi Berat: Masturbasi dianggap berurusan dengan materi berat karena menyalahgunakan tujuan seksual.

2. Pengetahuan Penuh: Banyak orang tahu bahwa apa yang mereka lakukan itu salah, terutama ketika mereka berpartisipasi dalam industri pornografi yang merusak.

3. Persetujuan Kehendak: Ini adalah bagian yang paling kompleks. Beberapa orang mungkin memiliki kebiasaan atau tekanan psikologis yang membatasi kebebasan mereka. Menurut Katekismus, tanggung jawab atas suatu tindakan dapat dikurangi atau bahkan ditiadakan oleh ketidaktahuan, tekanan, ketakutan, kebiasaan, dan faktor lain.

Ketika Itu Bukan Dosa Berat

Ada situasi di mana masturbasi bukan merupakan dosa berat:

  • Ketidaktahuan Tidak Disengaja: Ketika seseorang tidak menyadari kesalahan dari tindakan mereka, terutama jika mereka masih muda atau memiliki batasan mental atau emosional.
  • Konsent Persetujuan Tidak Penuh: Ketika kebebasan seseorang dibatasi oleh faktor psikologis atau sosial yang membuat tindakan tersebut tidak sepenuhnya di bawah kendali mereka, seperti kebiasaan yang sudah lama atau stres psikologis yang berat.

Apa yang Harus Dilakukan?

Meskipun masturbasi mungkin bukan dosa berat dalam beberapa situasi, itu tetap merupakan partisipasi dalam kejahatan yang serius. Kita tetap bertanggung jawab untuk menghindari dosa ini sejauh mungkin. Penting untuk mencari bantuan, berdoa, dan menghindari situasi yang dapat menggoda kita untuk jatuh dalam dosa.

Kesimpulan

Jadi, apakah masturbasi adalah dosa berat? Terkadang, ya. Ketika dilakukan dengan pengetahuan penuh dan persetujuan kehendak yang sepenuhnya, itu bisa memisahkan seseorang dari Tuhan dan Gereja. Namun, dalam banyak kasus, terutama ketika seseorang berusaha keras untuk mengatasi kebiasaan ini, itu tidak sepenuhnya memutuskan hubungan dengan Tuhan.

Bagi mereka yang berjuang dengan ini, saya mengatakan: Tenanglah. Cari bantuan yang Anda butuhkan, teruslah berusaha, datanglah untuk pengakuan dosa, dan percayalah pada belas kasih Tuhan. Dia tidak akan meninggalkan siapa pun yang ingin dekat dengan-Nya.

Pengajaran Katolik Tentang Perceraian

 


Pengajaran Katolik Tentang Perceraian

Gereja Katolik sangat serius memandang sakramen pernikahan. Sebelum menikah, calon pasangan diwajibkan mengikuti persiapan selama enam bulan, mendapatkan persetujuan dari seorang imam, dan berjanji kepada Tuhan untuk tidak berpisah sampai maut memisahkan. Namun, standar tinggi ini tidak selalu tercapai, dan kadang-kadang perceraian tetap terjadi.

Perceraian dan Gereja Katolik

Dalam pandangan Gereja Katolik, perceraian bukan berarti ekskomunikasi, dan tidak selalu dianggap dosa. Namun, perceraian dianggap melanggar hukum alam karena mencoba memutuskan ikatan yang telah disatukan oleh Tuhan. Menurut Katekismus Gereja Katolik, perceraian merusak tanda keselamatan yang diwakili oleh pernikahan sakramental. Jika seseorang bercerai dan menikah lagi, itu dianggap perzinahan dalam pandangan Gereja, karena pernikahan pertama tetap dianggap sah di mata Tuhan.

Bolehkah Bercerai?

Perceraian dalam dirinya sendiri tidak selalu merupakan dosa. Gereja memahami bahwa dalam kasus seperti perzinahan, penelantaran, atau kekerasan, hidup bersama mungkin menjadi tidak mungkin atau tidak wajar. Dalam situasi seperti itu, perpisahan fisik dapat dibenarkan, dan perceraian sipil dapat diizinkan untuk melindungi hak hukum, kesejahteraan anak, atau warisan. Orang yang menjadi korban dalam situasi ini tidak berdosa dan masih dapat menerima sakramen, termasuk Komuni.

Perbedaan Antara Perceraian dan Anulasi

Perceraian memutuskan pernikahan, sementara anulmen menyatakan bahwa pernikahan itu tidak pernah sah menurut hukum Gereja. Anulmen berarti pernikahan tidak memenuhi salah satu dari enam kriteria penting untuk pernikahan yang sah:

  1. Pasangan bebas untuk menikah.
  2. Mampu memberikan persetujuan.
  3. Memberikan persetujuan dengan bebas.
  4. Berniat menikah untuk seumur hidup dan terbuka untuk memiliki serta membesarkan anak.
  5. Mementingkan kebaikan satu sama lain.
  6. Persetujuan diberikan di hadapan dua saksi dan seorang menteri Gereja yang sah.

Jika salah satu dari ini tidak terpenuhi, pernikahan dianggap tidak pernah ada. Orang yang menerima anulmen bebas menikah lagi karena mereka tidak pernah benar-benar menikah dalam pandangan Gereja. Namun, tanggung jawab sipil dan keluarga tetap ada.

Kesimpulan

Pentingnya pernikahan dalam Gereja Katolik sangat ditekankan melalui pemahaman tentang perceraian dan anulmen. Bagi mereka yang mempertimbangkan pernikahan di Gereja Katolik, ini adalah panggilan untuk mengambil langkah ini dengan sangat serius. Anda memasuki perjanjian dengan Tuhan, jadi berikan hati sepenuhnya kepada-Nya, karena itulah yang Dia berikan kepada Anda.

Spiritualitas Katolik Manakah yang Sesuai untuk Anda?

 


Spiritualitas Katolik Manakah yang Sesuai untuk Anda?

Salah satu ciri khas Gereja Katolik adalah strukturnya yang sangat luas, mencakup seluruh dunia. Di mana pun Anda berada, misa dan doa akan serupa, dan ajaran yang disampaikan oleh para uskup adalah sama. Namun, ada lebih dari satu cara untuk mendekati Tuhan dalam Gereja. Berikut adalah beberapa spiritualitas Katolik yang paling populer dan pelajaran yang bisa kita ambil dari mereka.

1. Spiritualitas Fransiskan

Fransiskan berfokus pada meneladani kehidupan Kristus yang sederhana dan rendah hati. St. Fransiskus dari Asisi menekankan pelayanan kepada kaum miskin dan hidup dalam kesederhanaan. Dengan cara ini, mereka menekankan cinta Tuhan melalui ciptaan dan sukacita dalam kesederhanaan hidup. Bacaan yang direkomendasikan termasuk karya-karya St. Fransiskus, St. Klara, dan Richard Rohr.

2. Spiritualitas Ignasian

Dikembangkan oleh St. Ignatius Loyola, spiritualitas Jesuit atau Ignasian menggabungkan kerendahan hati dengan disiplin yang teratur. Ini termasuk latihan rohani yang membantu orang dalam merenung dan merespons panggilan Tuhan. Jesuit dikenal karena komitmen mereka terhadap keadilan sosial dan misi, serta kemampuan mereka beradaptasi dalam berbagai situasi. Tokoh penting dalam spiritualitas ini termasuk St. Fransiskus Xaverius dan James Martin.

3. Spiritualitas Dominikan

Dominikan menekankan studi dan pengajaran untuk memahami misteri Tuhan. Dikenal sebagai "kepala" Gereja, Dominikan sering terlibat dalam pendidikan dan membimbing orang lain untuk menemukan kebenaran ilahi. Thomas Aquinas adalah pemikir terkemuka dalam spiritualitas ini, bersama dengan St. Katarina dari Siena dan Gustavo Gutierrez.

4. Spiritualitas Benediktin

Benediktin fokus pada doa dan kerja (ora et labora), dengan kehidupan di biara sebagai pusatnya. Komunitas ini menekankan keteraturan dan kehidupan dalam komunitas untuk pertumbuhan spiritual. Praktik umum termasuk pembacaan Kitab Suci dan meditasi. Tokoh terkenal termasuk St. Benediktus dan Thomas Merton.

5. Spiritualitas Karmelit

Karmelit tidak memiliki pendiri tertentu tetapi berkembang sebagai komunitas para pertapa yang berfokus pada doa kontemplatif. Mereka menekankan kerendahan hati dan doa pribadi sebagai jalan untuk mendekati Tuhan. Tokoh terkenal termasuk St. Teresa dari Avila dan St. Yohanes dari Salib.

6. Spiritualitas Salesian

Dikembangkan oleh St. Fransiskus de Sales, spiritualitas ini menekankan bahwa setiap orang dipanggil untuk menjalani kehidupan suci, bukan hanya para biarawan dan biarawati. Mereka mengajarkan bahwa kita harus menjalani kehidupan spiritual dalam situasi sehari-hari, seperti melalui kejujuran, kesabaran, dan optimisme. Kelompok yang mengikuti spiritualitas ini termasuk Salesian St. John Bosco.

7. Opus Dei

Opus Dei berfokus pada menemukan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak seperti ordo lain, Opus Dei terdiri dari kaum awam yang menjalani hidup suci melalui pekerjaan dan kehidupan keluarga. Mereka dikenal dengan komitmen terhadap doa teratur dan penebusan dosa.

Surat Terbuka untuk Para Imam Baru

 


Surat Terbuka untuk Para Imam Baru

Kepada imam yang baru ditahbiskan, selamat. Setelah bertahun-tahun menjalani masa seminari, mengikuti tes, menjalani pendidikan formator, menyelesaikan CPE, dan berkata, oh maaf, saya bukan seorang imam, saya hanya seorang seminaris sekitar seribu kali, penantian itu akhirnya berakhir. Anda adalah seorang imam selamanya dalam garis keturunan Melkisedek di masa lalu.

Tuhan telah memberkati Anda dengan hadiah ketiga yang paling menakjubkan yang pernah Anda terima dalam hidup ini, setelah kehidupan itu sendiri dan pembaptisan Anda. Saya berdoa agar engkau sekarang menjadi imam selamanya. Menjadi seorang imam bukanlah kehidupan yang mudah.

Saya yakin kamu sangat menyadari hal ini. Engkau telah mempersiapkan diri untuk hal ini hampir sepanjang masa dewasamu, tetapi hal ini tetap penting untuk disampaikan. Terlalu banyak pria yang memasuki kehidupan ini dengan harapan tinggi dan impian besar, hanya untuk menjadi lelah dan kelelahan hanya dalam beberapa tahun.

Sangat menyedihkan untuk melihat, dan bahkan lebih menyedihkan lagi, apa yang dapat ditimbulkan oleh seorang imam yang tidak sehat terhadap umat Allah. Anda tidak membutuhkan hal ini, dan Gereja tentu saja tidak membutuhkannya. Itulah sebabnya saya ingin memberikan beberapa nasihat, dari seorang imam yang baru saja ditahbiskan kepada imam lainnya.

Hal-hal yang telah saya pelajari selama empat tahun terakhir yang menurut saya harus dijalani oleh setiap imam. Saya sama sekali bukan seorang ahli, tetapi hei, begitu juga Anda, jadi diamlah dan hormati para tetua. Hanya bercanda.

Semoga ini membantu. Ingatlah bahwa Anda adalah seorang imam, bukan seorang CEO. Sebagai pemimpin dalam Gereja Katolik, kita para imam dapat memiliki dampak yang cukup besar pada kehidupan fisik orang-orang di sekitar kita.

Banyak gereja yang memiliki operasi jutaan dolar yang melakukan kebaikan yang luar biasa bagi dunia. Kita memberi makan mereka yang lapar, memberi tempat tinggal bagi para tunawisma, memberi pakaian bagi mereka yang telanjang, dan seterusnya. Hal ini tentu saja mengharuskan kita untuk meluangkan waktu dalam rapat dewan keuangan, menghadiri acara penggalangan dana, merawat gedung, mengurus kewajiban, dan mengelola anggota staf.

Semua itu baik dan penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki orang-orang yang baik di sekitar Anda dan Anda tahu cara membaca spreadsheet, tetapi kemudian kembali ke misi yang telah dipercayakan kepada Anda. Menjadi seorang imam. Betapapun pentingnya semua hal tersebut dalam mendukung misi, itu bukanlah misi itu sendiri.

Peran Anda, yang pertama dan terutama, adalah menjadi gembala imam bagi kawanan domba Allah. Ini bukan tentang menumbuhkan jemaat atau meningkatkan koleksi. Kita tidak berada dalam bisnis membangun sebuah kerajaan.

Ini adalah tentang menolong orang-orang untuk mengenali dan merespons pekerjaan Tuhan dalam hidup mereka. Uang, gedung, dan anggota staf dapat membantu Anda melakukan hal ini, tetapi semua itu tidak dapat menggantikan kesaksian Anda sendiri dalam berjuang untuk kekudusan, bertumbuh dalam kebajikan, hidup dengan kerendahan hati, menjadi seorang yang berdoa dan mengasihi, apa pun yang Anda kerjakan atau di mana pun Anda ditugaskan. Ingatlah bahwa tugas pertama Anda adalah meneladani Kristus.

Dan apa yang Kristus lakukan bagi umat-Nya? Ia melayani mereka. Dalam cara gereja diorganisir, pastor benar-benar berada di atas segalanya di paroki setempat. Pada akhirnya, pastorlah yang bertanggung jawab.

Namun, bukan berarti gereja adalah milik Anda. Bukan berarti Anda bisa mengaturnya sesuka Anda dan mengecualikan mereka yang tidak memiliki visi yang sama dengan Anda. Meskipun terkadang Anda merasa seperti seorang raja, ingatlah selalu bahwa peran Anda adalah seorang pelayan.

Pelayan gereja yang lebih luas, jadi jangan membuat ritual yang aneh-aneh atau membuat liturgi sesuai dengan apa pun yang Anda inginkan. Lakukan yang merah dan katakan yang hitam, seperti yang mereka katakan. Namun, layanilah umat Anda juga.

Betapapun pentingnya peran Anda sebagai imam atau pendeta, ingatlah bahwa pada suatu saat Anda akan dipindahkan. Pada suatu saat, Anda akan pergi, tetapi umat akan tetap tinggal. Gereja adalah milik umat Allah, mereka hanya membiarkan Anda memimpin untuk sementara waktu.

Untuk alasan ini, saya katakan, pimpinlah, jangan mendikte. Datanglah dengan visi yang kuat. Milikilah gagasan-gagasan besar.

Bagikanlah buah dari pelatihan Anda dalam kehidupan kudus dengan menolong orang-orang untuk melihat apa yang bahkan tidak mereka ketahui. Itu bagus. Tetapi para pemimpin terbaik tidak memberi perintah, dan mereka tidak selalu berada di garis depan.

Terkadang pemimpin terbaik adalah mereka yang mampu mengidentifikasi orang-orang yang paling siap di sekitar mereka dan kemudian menyingkir dari jalan mereka. Terkadang pemimpin terbaik adalah mereka yang tindakan kerendahan hati, kelemahlembutan, kemurahan hati, dan pengampunannya berbicara lebih keras daripada kata-kata mereka. Kita sebagai sebuah gereja telah mengalami pasang surut yang luar biasa selama bertahun-tahun, dengan pergeseran generasi yang besar dan banyak kerusakan yang dilakukan oleh para pendahulu kita.

Anda mungkin masuk ke dalam situasi di mana liturgi dan misi gereja nyaris tidak mirip dengan pemahaman Anda tentang Katolik. Saya memahami hal itu, dan tindakan langsung dan cepat mungkin perlu dilakukan. Tetapi hal itu tidak akan pernah bisa dilakukan tanpa mendengarkan terlebih dahulu.

Jangan pernah di luar kesabaran dan katekese yang tepat, dan jangan pernah hanya demi memenuhi kepekaan Anda. Dengan setiap keputusan yang Anda ambil, jangan pernah lupa bahwa orang-orang akan tetap berada di gereja lama setelah Anda dipindahkan. Jika perubahan perlu dilakukan, pastikan bahwa hal itu dilakukan dengan cara yang akan memberikan dampak positif yang langgeng pada orang-orang yang Anda layani, dan tidak hanya dilakukan untuk memenuhi apa yang Anda inginkan.

Berbicara mengenai cuti, saya rasa sangat penting bagi Anda untuk melakukan hal ini secara teratur, jauh sebelum Anda dipindahkan. Ambil cuti. Ini mungkin terdengar seperti nasihat yang jelas - siapa yang tidak mengetahui hal ini, dan sejujurnya, siapa saya yang memberikan nasihat ini - tetapi ini adalah satu hal yang paling perlu saya ingatkan dalam kehidupan imamat saya, jadi saya pikir saya akan membaginya dengan Anda.

Bagian yang paling jelas dari hal ini adalah untuk kesehatan mental Anda sendiri. Sebagai seorang imam, Anda akan memiliki lebih banyak hal yang menumpuk daripada yang dapat Anda bayangkan saat ini. Pekerjaan, tragedi, konflik, apa pun namanya, Anda akan mendapatkannya.

Bukan hanya penting, tetapi juga perlu untuk pergi secara teratur, untuk mengisi ulang tenaga, untuk membuat diri Anda rileks. Terlalu banyak orang yang kelelahan di usia yang terlalu muda. Anda tidak ingin menjadi orang seperti itu.

Namun ada hal yang lebih penting lagi tentang hal ini, menurut saya, yang jarang dibicarakan orang, yaitu dampaknya terhadap seluruh pendekatan Anda terhadap pelayanan. Anda perlu mengambil cuti untuk mengingatkan diri sendiri bahwa gereja tidak membutuhkan Anda untuk bertahan hidup. Anda memang penting, jangan salah paham, tetapi Anda tidak begitu sangat diperlukan sehingga gereja berhenti berjalan ketika Anda tidak ada.

Para staf tahu bagaimana melakukan pekerjaan mereka. Kantor paroki tidak akan terbakar ketika Anda tidak ada di sana. Dalam lebih dari beberapa kasus, saya telah melihat para imam berubah menjadi gelisah, karena percaya bahwa segala sesuatu bergantung pada mereka.

Mereka tidak pernah mengambil cuti karena takut akan apa yang akan terjadi. Mereka memeriksa email mereka 50 kali dalam semalam. Mereka mengatur orang-orang di sekitar mereka secara mikro, mengeluarkan yang terburuk dari karyawan mereka.

Tenanglah. Pergi. Seistimewa dan sepenting Anda, ingatlah bahwa bahkan Yesus pun mengambil waktu untuk menyendiri.

Orang-orang semua mencari dia dengan semua kebutuhan mereka, dan tetap saja, dia mengambil waktu untuk menyendiri, untuk berdoa, untuk membiarkan para murid mengambil celah mereka. Jika Yesus dapat mengambil waktu untuk menyendiri, Anda pun bisa. Ini adalah kesempatan yang tepat bagi Anda untuk menemukan hobi dan teman yang tidak seagama.

Aku mengerti. Untuk pertama kalinya dalam hidupmu, kamu dapat merayakan misa dan mendengar pengakuan dosa. Orang-orang memandang Anda dengan binar di mata mereka, dan rasanya sungguh luar biasa dipanggil Bapa.

Ini luar biasa, dan mungkin sulit untuk membayangkan melakukan hal lain saat ini. Tetapi dengarkanlah, karena ini sulit. Anda lebih dari sekadar seorang imam.

Ini mungkin tampak seperti aspek yang paling menentukan dalam hidup Anda saat ini, dan itu masuk akal, tetapi ingatlah bahwa Anda adalah orang Kristen yang dibaptis. Seperti yang dikatakan oleh Santo Agustinus, bagi Anda, saya adalah seorang uskup, tetapi bagi Anda, saya adalah seorang Kristen. Jika semua yang Anda lakukan adalah hal-hal yang bersifat keimaman, jika satu-satunya orang yang ada di sekeliling Anda adalah orang-orang yang memanggil Anda Bapa, Anda akan menjalani kehidupan yang sangat menyimpang.

Saya tidak menyarankan agar Anda berhenti menjadi imam atau mengabaikan tanggung jawab Anda, dengarkan saya. Saya mengatakan bahwa Anda perlu mengingat bahwa Anda tidak secara ajaib berhenti menjadi diri Anda yang dulu sebelum ditahbiskan. Anda masih memiliki minat dan hobi, teman-teman, dan anggota keluarga.

Sangatlah penting bagi Anda untuk menemukan tempat bagi diri Anda sendiri di mana Anda tidak harus menjadi pemimpin rohani bagi orang-orang di sekitar Anda, di mana orang-orang dapat memanggil Anda dengan nama depan Anda dan Anda dapat menjadi diri Anda sendiri. Karena sesungguhnya, Anda tetaplah diri Anda sendiri. Anda telah diolesi minyak di tangan Anda, sebuah karakter permanen yang terukir di jiwa Anda, tentu saja, tetapi dalam hal siapa Anda di hadapan Tuhan, dalam hal kebutuhan Anda yang sangat membutuhkan pertolongan Tuhan dalam hidup Anda, tidak ada yang berubah.

Anda tidak lebih dekat untuk menerima keselamatan sekarang setelah Anda menjadi seorang imam daripada ketika Anda sebelumnya. Tuhan tahu bahwa menjadi seorang imam tidak membuat Anda menjadi orang yang kudus atau secara otomatis membawa Anda ke surga. Anda mungkin diberi beberapa rahmat khusus sekarang, tentu saja, tetapi itu hanya untuk membantu Anda memenuhi tanggung jawab tambahan Anda.

Tujuan fundamental Anda dalam hidup, untuk mengikuti Kristus di jalan keselamatan, tidak berubah sedikit pun. Sebagaimana gereja meninggikan Anda, sebagaimana umat Allah meninggikan Anda, hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk imamat dan keselamatan Anda adalah merendahkan diri Anda di hadapan Kristus. Di hadapan-Nya dan apa yang dapat Dia lakukan bagi dunia, Anda sama sekali tidak ada apa-apanya.

Hal terpenting yang dapat saya sampaikan kepada Anda, dan di mana saya akan meninggalkan surat ini, adalah ini. Anda bukanlah seorang juru selamat, Anda adalah seseorang yang perlu diselamatkan. Sama seperti setiap orang yang bertobat yang akan Anda temui dalam pengakuan dosa, sama seperti setiap orang yang sekarat yang Anda urapi di rumah sakit, sama seperti setiap orang miskin yang Anda beri makan di jalan.

Kita mungkin ditahbiskan ke dalam imamat Kristus, yang memberi kita beberapa kesempatan istimewa untuk berperan serta dalam pekerjaan Kristus, ya, tetapi kita bukanlah Kristus sendiri. Ada hal-hal tertentu yang dapat kita lakukan sebagai para imam yang tidak dapat dilakukan oleh orang lain, dan saya tidak ingin mengurangi hal ini. Kita diberkati dengan begitu banyak rahmat yang luar biasa dan tak terduga untuk menolong umat kita dalam perjalanan menuju keselamatan.

Saya tidak pernah ingin Anda berpikir bahwa Anda hanyalah orang biasa dengan tanggung jawab biasa. Tetapi saya juga tidak ingin Anda berpikir bahwa keselamatan dunia bergantung pada Anda. Dalam skema besar segala sesuatu, Allah memegang kendali dan kita tidak dapat berbuat apa-apa.

Dia seharusnya tidak membuat kita tertekan atau membuat kita menganggap tanggung jawab kita kurang serius, melainkan untuk mendasari kita tentang siapa diri kita yang sebenarnya dan bagaimana kita seharusnya melaksanakan tanggung jawab ini. Ketika kita mengingat bahwa kita juga adalah orang-orang berdosa yang membutuhkan penyelamatan, kita akan menunjukkan belas kasihan yang lebih besar kepada orang-orang yang bertobat. Ketika kita ingat bahwa kita juga akan mati suatu hari nanti, kita akan memperlakukan orang sakit dengan belas kasihan yang lebih besar.

Ketika kita menyadari bahwa yang kita miliki hanyalah anugerah, kita akan lebih mungkin untuk berbagi dengan orang yang ada di jalan. Ketika kita ingat bahwa gereja Kristuslah yang kita layani, bahwa Roh Kudus mengendalikan segalanya, kita ingat bahwa tidak tergantung pada kita untuk menyelesaikan setiap masalah, menyelamatkan setiap yang tersesat, dan memenangkan setiap peperangan. Peran kita hanyalah untuk hadir dan bersaksi tentang kuasa Allah yang menyelamatkan.

Saudaraku para imam, semoga hidup Anda menjadi saksi akan kuasa Allah yang menyelamatkan. Semoga setiap misa yang Anda rayakan, setiap pengakuan dosa yang Anda dengar, setiap homili yang Anda sampaikan, dan setiap pertemuan yang Anda pimpin menjadi kesaksian akan apa yang telah Kristus lakukan di dunia dan apa yang Ia terus kerjakan di dalam diri Anda. Jangan pernah melupakan siapa diri Anda dan siapa yang Anda layani.

Anda akan melakukan hal-hal yang besar bagi gereja Kristus. Tuhan memberkati.

Ajaran Gereja Katolik tentang Bunuh Diri dan Eutanasia

 


Ajaran Gereja Katolik tentang Bunuh Diri dan Eutanasia

Mengalami kehilangan teman atau orang terkasih yang mengakhiri hidup mereka sendiri adalah tragedi yang tak terlukiskan. Perasaan ini bisa menimbulkan kejutan, membuat dunia terasa runtuh, menimbulkan rasa bersalah karena tidak mencegahnya, dan meninggalkan perasaan kosong. Gereja Katolik, yang percaya pada kebangkitan dan belas kasihan Tuhan, seharusnya menjadi sumber harapan dalam situasi seperti ini.

Dulu, gereja mengajarkan bahwa orang yang bunuh diri dikutuk ke neraka dan dilarang mendapat pemakaman Kristiani. Namun, ajaran gereja saat ini sudah berubah. Gereja mengajarkan bahwa hidup adalah pemberian Tuhan yang sakral. Kita adalah penatalayan hidup, bukan pemiliknya, dan tidak memiliki hak untuk mengambilnya. Ini berlaku untuk pembunuhan, bunuh diri, dan eutanasia, yang dianggap sebagai dosa berat.

Pemahaman Gereja Tentang Bunuh Diri dan Eutanasia

Meskipun bunuh diri dan eutanasia dianggap dosa berat, gereja juga menyadari kompleksitas situasi mental seseorang. Tanggung jawab seseorang bisa berkurang karena gangguan psikologis atau penderitaan yang berat. Gereja sekarang mengajarkan bahwa kita tidak boleh putus asa tentang keselamatan kekal orang yang telah mengakhiri hidup mereka. Tuhan bisa memberikan kesempatan untuk bertobat, dan gereja berdoa untuk mereka.

Tidak ada alasan untuk melarang pemakaman Kristiani bagi orang yang bunuh diri atau melakukan eutanasia. Kita menyerahkan mereka kepada belas kasihan Tuhan, yang tahu apa yang terbaik.

Pencegahan Bunuh Diri

Sebagai gereja, kita harus melakukan segala upaya untuk mencegah bunuh diri. Berikut adalah tiga langkah yang bisa Anda ambil jika khawatir tentang seseorang:

  1. Dukungan dan Empati: Beritahu mereka bahwa Anda ada untuk mendukung mereka. Dengarkan dengan empati dan tawarkan harapan. Ciptakan lingkungan yang mendukung di mana mereka merasa dicintai tanpa penilaian.

  2. Berbicara dengan Jujur: Tanyakan secara langsung dan tanpa ragu, “Apakah Anda pernah berpikir untuk mengakhiri hidup Anda?” Meskipun mungkin tidak nyaman, pendekatan langsung dapat membantu mereka yang merasa terisolasi untuk membuka diri.

  3. Cari Bantuan Profesional: Jika mereka dalam bahaya, hubungi layanan darurat atau hotline pencegahan bunuh diri dan tetaplah bersama mereka sampai bantuan datang. Kita mungkin tidak bisa menangani situasi ini sendirian, tapi kita bisa membantu menemukan orang yang bisa.

Sebagai orang Kristen, kita dipanggil untuk merawat seluruh diri seseorang—tubuh, pikiran, dan roh. Kita harus berusaha menyembuhkan mereka yang terluka dan mempercayai belas kasihan Tuhan, sambil tetap mencari bantuan selama kita bisa.

Apakah Ada Batasan untuk "Mengasihi Musuh"?

 


Apakah Ada Batasan untuk "Mengasihi Musuh"?

Kita sering mendengar ajaran untuk mengasihi musuh kita, tetapi seberapa jauh kita harus mempraktikkannya? Misalnya, bagaimana perasaan kita ketika mendengar bahwa Larry Nassar, yang telah melakukan pelecehan seksual terhadap ratusan gadis muda, diserang oleh sesama narapidana di penjara? Banyak yang merasa bahwa dia pantas mendapatkannya, tetapi sebagai orang Kristen, bagaimana seharusnya kita merespons?

Kesucian Hidup Manusia

Dalam ajaran Katolik, hidup manusia adalah suci bukan karena apa yang telah kita lakukan, tetapi karena siapa kita di mata Tuhan. Semua manusia, termasuk musuh kita, diciptakan menurut gambar Tuhan. Kita menolak aborsi dan eutanasia karena menghargai kehidupan. Kita juga harus menolak kebencian terhadap orang yang telah berbuat salah.

Mengasihi Musuh: Ajaran Yesus

Yesus mengajarkan untuk mengasihi musuh dan berdoa bagi mereka yang menganiaya kita. Mengasihi musuh membedakan kita dari dunia. Yesus mengatakan dalam Injil Matius, “Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.” Ini bukan hanya sekadar transaksi, tetapi bentuk cinta yang tulus.

Mengapa Harus Mengasihi Musuh?

Mengasihi musuh memutus rantai kebencian dan kekerasan. Jika kita membalas kebencian dengan kebencian, kita hanya memperpanjang siklus itu. Dengan mengasihi, kita menunjukkan kepada mereka cara hidup yang berbeda dan membawa kemungkinan perubahan.

Contoh Pengampunan Yesus

Yesus menunjukkan contoh ini ketika Dia memaafkan mereka yang menyalibkan-Nya. Jika kita berpikir kita berhak membenci, kita harus ingat bahwa kita semua bersalah di mata Tuhan, dan Dia mengasihi kita meski kita berdosa. Pengampunan Yesus adalah untuk semua, bukan hanya bagi yang bersalah kecil, tetapi juga yang bersalah besar.

Kehidupan dan Tanggung Jawab Kita

Kita harus membawa orang yang bersalah ke pengadilan dan mencegah mereka melakukan kejahatan lagi, tetapi kita tidak boleh membenci mereka. Jika Tuhan mengasihi musuh-Nya, kita juga harus berusaha melakukannya. Menjadi Kristen berarti mengikuti ajaran Yesus, termasuk mengasihi musuh. Ini adalah tanggung jawab kita sebagai saudara seiman.

Syahadat Nikea Dijelaskan

 


Syahadat Nikea Dijelaskan

Syahadat Nikea adalah salah satu doa tertua dan terpenting dalam sejarah Gereja. Selama lebih dari 1600 tahun, syahadat ini telah menjadi pedoman utama iman Katolik. Namun, banyak umat Katolik awam bingung dengan maknanya karena bahasanya yang kadang sulit dipahami. Syahadat ini menegaskan ajaran penting tentang Tuhan, Yesus Kristus, Roh Kudus, dan Gereja. Mari kita bahas secara singkat dan jelas.

1. Allah Bapa

Syahadat dimulai dengan: "Aku percaya akan satu Allah, Bapa yang mahakuasa, pencipta langit dan bumi, segala sesuatu yang kelihatan dan tidak kelihatan."

  • Satu Tuhan: Kita percaya pada satu Tuhan yang menciptakan segala sesuatu, baik yang terlihat maupun tidak.
  • Mahakuasa: Tuhan memiliki kekuatan, pengetahuan, dan kehadiran yang melampaui segala sesuatu.

2. Yesus Kristus, Anak Allah

Bagian kedua menyatakan: "Aku percaya akan satu Tuhan Yesus Kristus, Putra Allah yang tunggal, yang lahir dari Bapa sebelum segala abad."

  • Yesus adalah Tuhan: Yesus tidak diciptakan seperti kita, tetapi Ia ada dan selalu ada bersama Bapa, satu dalam substansi dengan-Nya.
  • Ajaran Arian: Dulu, ada ajaran yang menyatakan bahwa Yesus lebih rendah dari Bapa, tetapi ini ditolak karena Yesus adalah Tuhan sejati.

3. Inkarnasi dan Penebusan

Syahadat melanjutkan: "Ia turun dari surga untuk kita manusia dan untuk keselamatan kita, Ia menjadi daging oleh Roh Kudus dari Perawan Maria, dan menjadi manusia."

  • Inkarnasi: Yesus benar-benar menjadi manusia, lahir dari Maria, dan menjalani kehidupan manusia.
  • Penebusan: Yesus disalibkan, mati, dan bangkit kembali untuk menyelamatkan kita dari dosa.

4. Roh Kudus

Bagian ketiga mengatakan: "Aku percaya akan Roh Kudus, Tuhan yang menghidupkan, yang berasal dari Bapa dan Putra, yang serta Bapa dan Putra, disembah dan dimuliakan."

  • Roh Kudus adalah Tuhan: Roh Kudus sama ilahinya dengan Bapa dan Putra, tidak sekadar ciptaan, dan berperan dalam karya keselamatan.
  • Kontroversi: Ada perdebatan tentang frasa "dan Putra" yang ditambahkan dalam versi Barat, tetapi itu dimaksudkan untuk menegaskan keilahian Roh Kudus.

5. Gereja dan Harapan Akhir Zaman

Syahadat menyatakan: "Aku percaya akan Gereja yang satu, kudus, katolik, dan apostolik."

  • Empat Ciri Gereja: Gereja adalah satu, kudus, katolik (universal), dan apostolik (berdasarkan ajaran para rasul).
  • Baptisan dan Kehidupan Kekal: Baptisan menyatukan kita dengan Kristus, dan kita berharap akan kebangkitan dan kehidupan kekal bersama Tuhan.

Kesimpulan

Syahadat Nikea menegaskan inti iman Kristen yang menjadi dasar bagi semua ajaran gereja. Ini bukan hanya doa, tetapi pernyataan iman yang mendalam. Meskipun ada banyak isu lain dalam Gereja saat ini, semua itu berasal dari prinsip-prinsip dasar yang tertuang dalam syahadat ini. Menjadi seorang Kristen adalah mengakui Tuhan sebagai Bapa, Yesus sebagai Tuhan, Roh Kudus sebagai pemberi kehidupan, dan Gereja sebagai jalan menuju keselamatan.

Pandangan Baru tentang Bom Atom?

 


Pandangan Baru tentang Bom Atom?

Dengan dirilisnya film terbaru Christopher Nolan, "Oppenheimer," banyak orang kembali bertanya: Apakah penggunaan senjata nuklir di Jepang etis? Jawabannya jelas: Tidak. Semua paus sejak Pius XII sepakat bahwa penggunaan senjata nuklir tidak pernah dibenarkan.

Namun, yang kini menjadi perdebatan adalah apakah memiliki senjata nuklir itu etis. Sejak 1945, berbagai paus mengutuk penggunaan bom nuklir dan menyerukan pelucutan senjata. Meskipun memiliki senjata nuklir untuk mencegah perang pernah dianggap bisa diterima, Paus Fransiskus pada tahun 2017 menyatakan bahwa bahkan kepemilikan senjata nuklir merusak dan harus dikutuk.

Paus Fransiskus mengajarkan bahwa hanya memiliki senjata nuklir, tanpa rencana untuk menggunakannya, adalah dosa terhadap Tuhan dan kemanusiaan. Dia telah memimpin upaya untuk mewujudkan pelucutan senjata segera dan menganggap kondisi saat ini membutuhkan perubahan segera.

Jadi, apakah Paus Fransiskus mengubah ajaran resmi Gereja? Tidak sepenuhnya. Dia melanjutkan tradisi mengutuk senjata pemusnah massal, tetapi dengan urgensi yang lebih besar untuk mencapai pelucutan senjata secepat mungkin.

Selasa, 06 Agustus 2024

Beberapa Imam Sedang... Mundur?

 


Beberapa Imam Sedang... Mundur?

Di antara semua perdebatan liturgi dalam Gereja Katolik saat ini, tidak ada yang lebih memecah belah dan semakin populer daripada kembalinya posisi ibadah ad orientem. Imam merayakan misa dengan membelakangi umat, dan banyak orang merasa bingung. Ada banyak sejarah yang perlu diungkap dan banyak setengah kebenaran yang perlu dihilangkan.

Apa itu Ad Orientem?

Untuk kita yang lahir setelah Konsili Vatikan II, imam menghadap umat selama misa adalah hal yang biasa. Namun, sebenarnya, selama lebih dari 1.500 tahun, praktik yang paling umum adalah ad orientem, di mana imam dan umat menghadap ke timur, arah kedatangan Kristus. Dalam bahasa Latin, ad orientem berarti "menghadap timur" atau "menghadap matahari terbit." Ibadah ad orientem lebih tentang seluruh jemaat yang mengarahkan diri ke arah kedatangan Kristus daripada hubungan imam dengan umat.

Mengapa Praktik Ini Berubah?

Tidak ada pernyataan resmi dari Konsili Vatikan II atau Paus yang secara khusus mengubah posisi ini. Dalam dokumen Sacrosanctum Concilium tahun 1962, Konsili Vatikan II menyerukan reformasi liturgi untuk mendorong partisipasi aktif umat awam. Pada tahun 1964, Sacred Congregation of Rites menyarankan agar altar utama berdiri bebas sehingga imam bisa mengelilinginya dan menghadap umat. Ini bertujuan agar umat lebih bisa melihat dan mengikuti seluruh ritus, sehingga berpartisipasi dengan lebih sadar.

Kedua Orientasi adalah Sah

Namun, penting untuk diketahui bahwa tidak ada hukum universal yang melarang praktik ad orientem atau mewajibkan versus populum (menghadap umat). Kedua orientasi ini sah, dan tidak ada yang lebih benar dari yang lain. Dalam dokumen tahun 2000 dari Congregation for Divine Worship, ditegaskan bahwa posisi fisik tidak sepenting orientasi spiritual kita menuju Kristus.

Fokusnya adalah Tuhan

Pada intinya, baik ad orientem maupun versus populum bertujuan memusatkan perhatian pada Tuhan dan pengorbanan yang ditawarkan di altar, bukan pada imam yang membelakangi atau menghadap umat. Jika satu orientasi membantu Anda lebih fokus pada Tuhan, temukan gereja yang merayakan misa dengan cara itu. Namun, jangan menyatakan bahwa satu lebih suci atau lebih benar daripada yang lain. Dengan katekese yang tepat, keduanya akan membawa umat untuk menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan sebagai pengorbanan spiritual.

Bolehkah Orang Katolik Menonton Adegan Telanjang di Film?

 


Bolehkah Orang Katolik Menonton Adegan Telanjang di Film?

Saat ini, hampir semua film dan acara TV memiliki unsur kekerasan atau seks, sehingga membuat umat Katolik bingung apakah boleh menontonnya. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan seks atau ketelanjangan itu sendiri. Banyak karya seni Kristen, bahkan di gereja, menampilkan tubuh manusia secara telanjang sebagai ciptaan Tuhan yang indah. Namun, ketika tubuh manusia dijadikan objek untuk kepuasan semata, seperti dalam pornografi, hal itu menjadi masalah.

Apa Bedanya Seni dan Pornografi?

Untuk membedakan antara seni dan pornografi, ada tiga hal yang perlu kita pertimbangkan:

  1. Niat: Apa tujuan dari adegan telanjang tersebut? Apakah untuk menunjukkan keindahan dan pesan moral, atau hanya untuk merangsang dan mengobjektifikasi tubuh?

  2. Diskresi: Apakah adegan tersebut menggunakan ketelanjangan dengan bijak? Kadang-kadang, bayangan atau implikasi cukup untuk menyampaikan pesan tanpa harus menampilkan semuanya secara detail.

  3. Dampak pada Aktor: Pertimbangkan bagaimana adegan tersebut mempengaruhi aktornya. Mereka adalah manusia nyata yang harus menunjukkan diri di depan kamera. Kesejahteraan mereka harus menjadi prioritas.

Apakah Boleh Menonton?

Pada akhirnya, keputusan apakah boleh menonton film dengan adegan telanjang atau tidak tergantung pada individu masing-masing. Jika adegan tersebut menyebabkan kita berdosa, maka sebaiknya kita menghindarinya. Namun, jika kita bisa melihatnya sebagai bagian dari cerita yang lebih besar tanpa terjerumus pada godaan, maka mungkin tidak ada masalah. Ingatlah bahwa tubuh manusia dan seks adalah ciptaan Tuhan yang baik, dan seharusnya tidak dianggap memalukan selama kita melihatnya dengan cara yang benar.

Jadi, tanyakan pada diri sendiri: Apakah film ini membawa saya lebih dekat kepada Tuhan, atau menjauhkan saya? Keputusan ada di tangan Anda, tetapi pastikan untuk selalu bertindak dengan bijaksana dan bertanggung jawab.

Mereka Tidak Akan Kembali (Tapi Kita Bisa Melakukan Sesuatu)

 


Mereka Tidak Akan Kembali (Tapi Kita Bisa Melakukan Sesuatu)

Selama bertahun-tahun, adalah hal yang umum bagi orang untuk menjauh dari gereja ketika mereka memasuki usia 20-an. Biasanya, mereka akan kembali ketika siap membangun hidup yang stabil. Namun, situasi ini berubah. Banyak dari mereka tidak kembali lagi ke gereja, terutama generasi muda saat ini, Gen Z. Lebih dari sepertiga dari mereka tidak memiliki afiliasi agama, lebih dari generasi lainnya.

Banyak dari mereka tidak akan kembali karena mereka memang tidak pernah benar-benar ada di sini. Kebanyakan dari mereka tidak dibesarkan dengan dasar iman yang kuat, jadi tidak ada yang bisa mereka jadikan sandaran. Mereka tidak akan datang kepada kita hanya karena kita memiliki program yang baik. Mereka akan menikah di luar gereja, memiliki anak, dan tidak memperkenalkan mereka kepada iman Kristiani.

Kita tidak bisa menunggu mereka kembali. Mengandalkan metode lama tidak akan berhasil. Kita harus mengubah pendekatan kita sepenuhnya. Mari kita lihat perumpamaan Yesus dalam Lukas 15: Domba yang Hilang, Dirham yang Hilang, dan Anak yang Hilang. Biasanya kita melihat diri kita sebagai yang hilang, dan yakin bahwa Tuhan akan selalu mencari dan membawa kita pulang. Tapi mungkin ada pesan lain yang ingin disampaikan oleh Yesus.

Yesus berbicara kepada orang-orang Farisi dan ahli Taurat, para pemimpin agama yang seharusnya bertanggung jawab atas iman orang-orang berdosa. Yesus bertanya, "Mengapa para pemungut cukai dan orang-orang berdosa ini hilang?" Bukankah tugas mereka adalah menggembalakan, mengajarkan, dan merawat mereka? Jika kita sebagai gereja hanya duduk diam dan berkata, "Jangan khawatir, mereka akan kembali," kita salah.

Pertanyaannya adalah, bagaimana kita bisa membiarkan generasi ini pergi? Apa yang akan kita lakukan untuk membawa mereka kembali? Kita harus mengakui bahwa kita bertanggung jawab atas kehilangan mereka dan berusaha keras untuk menemukannya kembali.

Tugas kita adalah menjadi murid-murid misionaris, pergi keluar dan membawa kembali yang hilang. Jika kita tidak mau keluar dari kenyamanan gereja kita, mengambil risiko penolakan dan penghinaan, kita tidak lebih baik dari orang-orang Farisi dan ahli Taurat yang memandang hina orang-orang berdosa. Mereka adalah saudara dan saudari kita, anak-anak kita, tanggung jawab kita di hadapan Tuhan.

Jika kita tidak mengerahkan seluruh upaya kita, mereka tidak akan kembali.